Read more: mau cari informasi-informasi umum,musik and ada juga artikel-artikel ea slalu kunjungi situs ini oke.. MUSIK,INFO AND ARTIKEL: babad nusa penida

babad nusa penida

Babad Nusa Penida

Oleh: Jero Mangku Made Buda
Jumlah Halaman: 38

Sejak dahulu kita mendengar bahwa bumi Nusa Penida telah ada penguasa yang memerintah di sana. Kita juga mendengar bahwa di Nusa Penida ada pendeta sakti, dan sejak dahulu kala ada pementasan topeng di Bali dengan lakon "Dalem Bungkut". Bahkan cerita tentang Nusa Penida lebih diketahui oleh masyarakat Bali daratan daripada masyarakat Nusa Penida sendiri.

Kami sebagai masyarakat Nusa Penida merasa terpanggil untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, Nusa Penida dan Pulau Bali pada umumnya. Maka semua itu kami awali dengan Tirta Yatra. Momohon petunjuk Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Ida Batara-Betari yang berstana di Nusa Penida, di pura Muncak Mundi. Kami memperoleh petunjuk untuk membuat pura yang bernama "Pesamuan Lawang Sari" dan di pura tersebut kami memperoleh petunjuk mengenai kisah Bumi Nusa Penida dan Ida Betara-Betari yang berstana di Nusa Penida diantaranya Dukuh Jumpungan, I Renggan, Ratu Gede Mecaling, Dalem Sawang, Dalem Dukut, dan lain-lain.


http://www.pustakahindu.com/babad.htm

2 komentar:

Anonim mengatakan...

OSA

Sebagai Putra Nusa Penida, dengan ini tiang mohon dengan sangat hormat untuk semua semeton pengunjung maupun penayang khususnya artikel2 maupun isi buku2 yang memuat sejarah atau babad Nusa Penida. Sebelum artikel atau isi buku tersebut akan di tayangkan, hendaknya dikaji terlebih dahulu, paling tidak carikan pembandingnya terlebih dahulu, agar artikel tersebut bisa menjadi tolok ukur yang akurat, sehiungga tidak membuat kebingungan bagi para pembaca atau permirsa yang dari dalam Nusa Penida. Dan mohon kepada para penayang hendaknya bersikap adil kepada semua artikel yang memuat tentang Nusa Penida, karena tidak sedikit fersi yang tertayang di dunia maya ini artikel2 tentang Nusa Penida, kita sebagai putra Nusa Penida tidak ingin mewariskan kebingungan pada anak cucu kita dikemudian hari. sebagai bahan pembanding tiang ikut sertakan alamat situs yang pernah tiang temukan

https://sites.google.com/site/babadnusapenida/
http://suaranusapenida.wordpress.com/

Demikianlah sobat, aku cuma mau cari yang asli, karena buku yang ditampilkan ini, aku dengar dari berbagai berita bahwa dibuat atau disusun baru diatas th 2000 dan lagi isinya jauh beda dengan babad yang lainnya.

Ingat sobat, di jaman sekarang ini banyak motifasi seseorang menyusun buku, karena melalui buku, wibawa bisa dibentuk, pinansial bisa didapat, heeee untuk politik juga bisa kan? masak buku babad disusun atas dasar PAWISIK ? babad = sejarah. apa ya sejarah bisa dibuat dari mimpi apalagi Pawisik. Beh yen saja Jelema Betara mirib to yannnnnnn?
Suksma Terimaksih sobatku semoga di lampung selalu damai dan damai dan damai sejahtera hidup bersama.

Anonim mengatakan...

Beh pasti penyusun ne nto jlema kadewan dewan!

Posting Komentar

Video Gallery

indonesia

Chatt-inG



fACe BUK w Add yAW

SMS GRATIS

Make Widget

lokasi rumah gw